SERI TERJEMAH KITAB QAWAID SALAFIYYAH WA NASHAIH TAUJIHIYYAH Syaikh Ahmad bin Umar Bazmul Hafidzahullahu Ta’ala (Bagian 1)

Gambar Kitab syaikh ahmadBismillahirrahmanirrahim.
Berikut ini adalah Pengalihan Bahasa dari Kitab Qawaid Salafiyyah Wa Nashaih Taujihiyyah Lil Khuruj Min Fitanil Hizbiyyah. Seuntai rangkaian mutiara kata dari As Syaikh Ahmad bin Umar bin Salim Bazmul –Hafidzahullahu Ta’ala- sebagai buah tangan untuk seluruh Ahlus Sunnah dan Muslimin diberbagai belahan bumi ini.

Bismillahirrahmanirrahim

Segala Puji bagi Allah Rabb Semesta alam, semoga Shalawat dan Salam terlimpahkan kepada Sang Utusan sebagai Rahmat untuk alam semesta. Semoga terlimpahkan pula kepada keluarganya, dan seluruh para shahabatnya, serta terlimpahkan pula kepada siapa saja yang meniti jejaknya sampai datangnya hari kiamat. Amma Ba’du :

Sungguh Allah telah memberi kemudahan kepadaku untuk bisa bercengkrama bersama saudara-saudara kita Salafiyyin dari Negara Libyia. Mereka telah berprasangka baik terhadapku, sehingga memintaku agar bisa menyampaikan beberapa patah kata wejangan dan nasehat salafiyyah, padahal aku bukanlah orang yang paling berhak untuk melakukannya.

Akan tetapi sebagai bentuk kecintaan terhadap kebaikan, dan sebagai bentuk kerjasama yang baik bersama Ahlul Fadhl dan Ahlul Ilmi (Para Ulama), sehingga mendorongku untuk memenuhi permohonan itu.

Kemudian, aku melangsungkan beberapa penyampaian pelajaran dan saling mengingatkan tentang Kaedah-kaedah Salafiyyah yang sangat penting, dengan sebab itu tentu akan mendatangkan jalan keluar dari berbagai fitnah melalui Idzin Allah Ta’ala.

Dalam kesempatan ini, Al Akh Malik Al Liby –Hafidzahullahu Ta’ala- telah berusaha keras untuk memproses transkrip dari pertemuan tersebut menjadi sebuah tulisan. Beliau juga berkeinginan keras untuk bisa menyebarluaskannya, sehingga dihadapkanlah transkrip dari pertemuan  kepadaku untuk dikoreksi. Semoga Allah membalas  kebaikan untuknya.

Pada kesempatan berikutnya, aku mengkoreksi ulang, meneliti, dan meralatnya. Aku cantumkan juga beberapa tambahan yang butuh untuk dijadikan sebagai rangkaian, dan aku kirim ulang kepada beliau agar bisa disebarluaskan serta di posting di situs ataupun website salafiyyah apabila itu dipandang sesuai. Semoga Allah membalas kebaikan untuknya

Hanya kepada Allah aku bermohon untuk melimpahkan kepadaku dan kepada seluruh saudara-saudara kami Salafiyyin berupa taufiq dan jalan yang lurus. Semoga Allah menjadikan semua hasil usaha ini sebagai pembela kita dan bukan sebagai penghujat atas kita. Semoga Allah mengokohkan diri kita semua agar tegar diatas manhaj Salafy. Semoga Allah menyelamatkan diri kita semua dari berbagai fitnah yang tampak jelas ataukah yang samar tersembunyi.

Wa Shallallahu Wa Sallamu ‘Ala Nabiyyina Muhammad Wa ‘Ala Alihi Wa Shabihi Ajmain.

Ditulis oleh
Ahmad bin Umar bin Salim Bazmul

1 Dzulqa’dah 1433 Hijriyyah

As Syaikh Dr. Ahmad Bin Umar Bazmul Menuturkan :

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Segala puji bagi Allah, semoga Shalawat dan Salam terlimpahkan kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang berloyalitas kepadanya. Amma Ba’du :

Sebagian dari saudara-saudara yang kami cintai telah mengajukan permohonan kepadaku agar bisa menyampaikan untaian nasehat kepada mereka semua.

Sebenarnya, permohonan mereka tersebut adalah permohonan yang memang sangat penting sekali. Terlebih lagi di zaman kita seperti ini yang sudah tercengkram dengan berbagai kekacauan merajalela. Masing-masing kelompok dan golongan telah berubah menjadi koloni yang tersendiri. Sehingga mengakibatkan seorang muslim akan kebingungan bila tidak berpegang teguh dengan Kitabullah dan As Sunnah. Seorang muslim menjadi bingung  “Yang benar itu siapa?”.

Nasehat dariku, teruntuk pribadi saya sendiri dan seluruh saudara-saudaraku di Libyia dan seantero dunia, yang nasehat ini sesungguhnya terambil dari sisi para Ulama Ahlussunnah yang Mulia, semoga Allah meridhai mereka semua….

Ini semua telah terangkum dalam kaedah-kaedah umum yang sangat baik bila dijadikan pegangan oleh seorang muslim, sebagai lentera penerang dan diambil manfaatnya dengan izin Allah Ta’ala :

KAEDAH PERTAMA:

BERPEGANG TEGUH DENGAN KITABULLAH DAN ASSUNNAH SESUAI DENGAN PEMAHAMAN MANHAJ SALAFUS SHALIH RIDWANULLAH ‘ALAIHIM AJMAIN.

Kaedah ini merupakan kaedah yang telah masyhur dan tak asing lagi ditelinga kita. Sudah terlalu banyak orang yang mendengungkannya. Akan tetapi sangat disayangkan sekali, orang yang bisa menerapkannya, mengamalkan kandungannya dengan amalan yang benar, ataupun sesuai dengan makna yang sebenarnya, jumlah mereka terlalu sangat sedikit sekali.

Berpegang teguh dengan Kitabullah dan As Sunnah sesuai petunjuk Salafus Shalih –Ridwanullah ‘Alaihim Ajmain-, merupakan sebab yang paling utama untuk keselamatan diri.

Adapun orang-orang yang menyimpang, mereka mengaku sebagai sosok pemegang teguh prinsip Kitabullah dan As Sunnah sesuai Manhaj Salafus Shalih, akan tetapi realitas menunjukkan mereka justru memecah dan memisahkan diri darinya.

Tidaklah yang menjadikan sebab mereka terpecah dan terpisah-pisahkan, kecuali karena sebab enggannya menerapkan Al kitab dan As Sunnah dengan penerapan yang benar. Itu hanyalah sekedar celotehan lisan belaka, lalu mereka bermanis tutur dalam berbagai kesempatan dan pertemuan.

Kenyataan yang tampak, bahwa keadaan dan perilaku mereka telah menunjukkan siapa hakekat dibalik (kedok persembunyiannya). Orang-orang yang sangat jauh dari Al Kitab dan As Sunnah, sangat jauh pula dari Manhaj Salafus Shalih !

Oleh karena itu, didalam makna yang terkandung pada Kaedah Pertama ini, tidaklah cukup sekedar pengakuan tutur manis lisan belaka. Akan tetapi harus berpegang teguh dengan Al Kitab dan As Sunnah sesuai Manhaj Salafus Shalih, mengikrarkan dengan lisan, menerapkan dalam amalan, meyakini dalam hati, yang tampak ataukah yang tersembunyi. Kaedah ini haruslah selalu terpatri dalam jiwa kita semua.

-bersambung-

di terjemahkan oleh Al Ustadz Hamzah Rifai La Firlaz Hafizhahullah

This entry was posted in Manhaj and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s